Senin, 22 Desember 2014

TUGAS VI. PROPOSAL KEGIATAN

PROPOSAL KEGIATAN

I.              Nama Kegiatan

HUT DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA YANG KE 2

II.            Tema Kegiatan

Kreatifitas Tiada Batas
-     Mengembangkan Kreatifitas Anak Bangsa melalui kegiatan yang kreatif di bidang Seni         dan Tehnologi
-   Jurusan Desain Komunikasi Visual dalam pengembangan Jurusan
-   Pendidikan Kreatif dalam mensukseskan Industri Kreatif anak Bangsa

III.           Latar blakang


Gambaran kekayaan Kreatifitas Bangsa Indonesia yang dapat dicermati dengan berbagai karya-karya anak Bangsa yang telah di akui oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat Luar negri adalah sebagai bukti bahwa Bangsa Indonesia mempunyai bakat yang terpendam, bakat-bakat anak bangsa tersebut secara umum masih belum di ketahui oleh banyak pihak. Industri Kreatif  saat ini sudah mulai dihargai, salah satu contoh dengan dikembangkannya Industri kreatif di Indonesia, Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa ) atau juga Ekonomi Kreatif. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Menurut buku Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025, definisi industri kreatif sering kali merujuk pada UK Department for Culture, Media, and Sport (DCMS) Task Force 1998, lembaga yang mengelola industri kreatif di Inggris. Departemen Perindustrian RI pun kemudian menggunakan definisi yang hampir serupa. Industri kreatif di Indonesia kemudian didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. 



Dari definisi tersebut, pemerintah kemudian membagi industri kreatif ke dalam 14 subsektor, yakni:

1. Periklanan: jasa periklanan, termasuk produksi material iklan, kampanye relasi publik, dll.
2. Arsitektur: berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, dll.
3. Pasar barang seni: perdagangan barang-barang asli, unik, dan langka lewat galeri,               lelang, dll.
4. Kerajinan: berkaitan dengan kreasi produk dari tenaga pengrajin yang tidak diproduksi         massal.
5. Desain: terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain                 industri, dll.
6. Fashion: terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan aksesori mode             lainnya.
7. Video, film, dan fotografi: produksi video, film, dan jasa fotografi, termasuk proses                 distribusi.
8. Permainan interaktif: kreasi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan,                 edukasi, dll.
9. Musik: kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi rekaman suara.
10. Seni pertunjukan: konten produksi pertunjukan, misal opera, musik teater, drama, tarian,       dll.
11. Penerbitan dan percetakan: penulisan konten dan penerbitan buku, majalah, koran,               jurnal, dll.
12. Layanan komputer dan piranti lunak: layanan komputer, olah data, piranti lunak, dll.
13. Televisi dan radio: kreasi konten acara, transmisi konten, station relay, dll.
14. Riset dan pengembangan: penemuan dan penerapan ilmu dan teknologi.

Dalam keterangan diatas dapat kita ambil kesimpulan Desain komunikasi Visual adalah salah

IV.           Tujuan Kegiatan

1.    Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kalangan siswa dan                mahasiswa untuk  memahami Kreatifitas yang tiada batas.
2.    Sebagai wahana peningkatan kreatifitas anak bangsa di bidang Industri kreatif.
3.    Sebagai perwujudan berpartisipasi dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia.

V.           Sasaran

1.    Siswa dan Mahasiswa di Bali Khususnya di Indonesia pada umumnya
2.    Kreator Seni dan Tehnologi
3.    Masyarakat Umum

VI.          Waktu dan tempat pelaksanaan

      23-25 April 2015 di Kampus Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha.

VII.         Agenda Kegiatan

1.    Upacara Pembukaan HUT Desain Komunikasi Visual UNDIKSHA
     Waktu 23 April 2015
2.    Lomba Kejuaraan di bidang Industri Kreatif
a.    Lomba Fotografi se-Propinsi Bali
b.    Lomba Film Pendek se-Buleleng
c.    Lomba Desain Logo,Poster dan Karikatur tingkat Nasional
    Deskripsi: Perlombaan ini dimasksudkan untuk meningkatkan potensi anak bangsa di                   bidang Kreatifitas, dan untuk mengembangkan bakat-bakat terpendam anak bangsa
3.   Lomba mewarnai tingkat anak-anak
    Deskripsi: kegiatan ini untuk mendekatkan anak-anak kepada Desain   Kounikasi Visual,       termasuk para orang tuanya. Mengajak anak-anak sejak dini untuk mengenal apa sih           Desain Komunikasi Visual sebagai jurusan yang bergerak di bidang Industri Kreatif.
4.   Peluncuran Majalah dan Film Desain Komunikasi Visual
    Deskripsi: Sebagai Batu Loncatan Jurusan Desain Komunikasi Visual dalam                         mengembangkan Bakat Mahasiswa

VIII.       Rancangan Anggaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar