Minggu, 21 Desember 2014

TUGAS II PENULISAN NASKAH DAN COPY WRITING "SLOGAN DKV UNDIKSHA"


PENULISAN NASKAH DAN COPY WRITING

 "SLOGAN DKV UNDIKSHA"

Pengertian Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual atau lebih dikenal di kalangan civitas akademik di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan.
Apa Pekerjaan untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual?

Dibawan ini adalah pekerjaan lulusan DKV yaitu:
1.     Perancang Web 
Desainer Web atau Web Designer adalah orang yang mempunyai keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, melalui Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, pembaca RSS.
Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan bidang teknologi informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara desain web khusus untuk halaman web dan pengembangan web untuk logistik secara keseluruhan dari semua layanan berbasis web.

2.         Copywriter
 adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).

3.         Art director 
secara teknis adalah koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production designer. Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga berlangsungnya perekaman gambar dan suara saat produksi menjadi tanggunghawab seorang art director.

4.        Creative Director
Seorang direktur kreatif adalah posisi sering ditemukan dalam desain grafis, film, fashion, periklanan, media atau industri hiburan, tetapi mungkin berguna dalam organisasi kreatif lainnya seperti pengembangan web dan perusahaan pengembangan perangkat lunak juga. Pekerjaan ini memerlukan mengawasi semua aspek desain produk.

5.         Illustrator
Illustrator adalah seorang seniman narasi yang mengkhususkan diri dalam menulis meningkatkan dengan menyediakan representasi visual yang sesuai dengan isi teks yang terkait. Ilustrasi mungkin dimaksudkan untuk menjelaskan konsep-konsep rumit atau benda-benda yang sulit untuk menggambarkan secara tekstual.

Ilustrasi telah digunakan dalam iklan, kartu ucapan, poster, buku, majalah dan surat kabar. Sebuah ilustrasi kartun dapat menambahkan humor untuk esai humor.

6.        Graphic Designer
Seorang desainer grafis adalah seorang yang profesional dalam desain grafis dan seni grafis industri yang mengkombinasikan gambar, tipografi atau grafis gerak untuk membuat sebuah desain. Seorang desainer grafis menciptakan grafis terutama untuk diterbitkan, media cetak atau elektronik, seperti brosur (kadang-kadang) dan iklan. Mereka juga kadang-kadang bertanggung jawab untuk typesetting, ilustrasi, user interface, desain web, atau mengambil posisi mengajar. Tanggung jawab inti dari pekerjaan perancang adalah untuk menyajikan informasi dengan cara yang baik diakses dan mudah diingat.

7.        Photographer
Fotografer atau juru foto (Bahasa Inggris: photographer) adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan.

Sejarah Desain Komunikasi Visual UNDIKSHA

Program Desain Komunikasi Visual didirikan pada tanggal 25 April 2013 yang didirikan pada Fakultas Bahasa dan Seni  Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini Jurusan tersebut mempunyai 2 angkatan mahasiswa, yaitu angkatan mahasiswa tahun 2013 dan angkatan tahun 2014. Walaupun jurusan Desain Komunikasi Visual adalah jurusan baru di UNDIKSHA namun Jurusan tersebut sudah dapat menampilkan ke-eksisan nya dalam berbagai kegiatan, salah satu kegiatan yang telah terlaksana oleh DKV UNDIKSHA adalah kegiatan Pameran Kartun Buleleng Smile yang dilaksanakan pada Bulang Januari 2014. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekretariat manik Bumi di Jl. Pantai Penimbangan  Singaraja. Acara tersebut di di buk resmikan Oleh Bupati Buleleng.




 Selain Para Mahasiswa dan Dosen Desain Komunikasi Visual UNDIKSHA acara tersebut juga melibatkan Kartunis Bali, salah satunya yaitu Pinky Sinanta dari majalah Kartun ternama di Bali yaitu Majalah Bog Bog selain itu ada juga Drs. I Gusti Nyoman Widnyana beliau adalah pendiri dan sekaligus penggagas Komunitas Kartun PAKARBAUT . 

Selain Itu Walaupun Jurusan DKV UNDIKSHA adalaha jurusan baru, namaun para Mahasiswa DKV sudah bayak terlibat dalam kegiatan-kegiatan di UNDIKSHA. Yaitu salah satunya adalaha :

1.       EXPO UNDIKSHA 2014


2.       Serta EXPO FBS 2014


Kegiatan Ini adalah Serangkaian Ajang Kreatifitas Mahasiswa FBS, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan bakat-bakat Mahasiswa dan sekaligus untuk mempromosikan jurusan di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA. kegiatan ini disambut  antusias oleh banyak pihak, salah satunya adalah para pejabat Undiksha yaitu Pembantu Rektor 1 UDIKSHA dan Pembantu dekan 3 FBS serta para pelajar di Buleleng.






Selain Itu Jurusan Desain Komunikasi Visual UNDIKSHA membuktikan ke-eksisannya dengan mengadakan kegiatan yang sifatnya Internal diantaranya adalah

a.       Kreative Came 2014

 Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tentang apa saja yang berhunungan dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual, salah satu kegiatan adalah Kuliah Fotograf yang diisi Oleh Drs. Mursal seorang fotografer handal dari UNDIKSHA, selain itu adapula Kuliah Digital Art dan belajar membuat Tato sederhana. Disamping itu kegiatan Creative Came bertujuan menjalin hubungan silaturahmi antara mahasiswa Baru dengan Dosen serta Mahasiswa Lama.


Kuliah Umum Lapangan ke Citra Studio

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa Desain Komunikasi Visual  dalam bidang Wirausaha mandiri


Kuliah Umum Sablon di Kepala Babi

Kegiatan ini dilaksanakan pada saat mata kuliah Dasar-dasar Dwimatra, tujuan kegiatan ini untuk menambah ilmu di bidang Percetakan sablon. hingga mahasiswa dapat mengetahui cara menyablon dengan baik.




Seminar Fotografi

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat-bakat Fotografer Mahasiswa DKV khususnyaa dan mahasiswa UNDIKSHA Umumnya, serta diikuti oleh para pelajar di Buleleng.



Seminar Digital Imaging

Seminar Digital Imaging bertujuan untuk melatih skil-skil mahasiswa dalam pengolahan gambar, dalam kegiatan ini mahasiswa diajarkan mengolah gambar sederhana hingga menjadi gambar Digital Imaging.



Kuliah Umum Kartun




Visi dan Misi

            Adapun visi dan misi jurusan Desain Komunikasi Visual ini, yaitu:
·    Visi
Terwujudnya Program Studi yang mampu mengembangkan ilmu desain komunikasi visual serta menghasilkan tenaga profesional dalam bidang desain komunikasi visual yang berdasarkan falsafah Tri Hita Karana.
·    Misi
Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang desain komunikasi visual untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam bidang akademik, profesi, dan vokasi.

Sumber: Ketut Nala Hari Wardana, S.Sn., M.Pd.


SLOGAN :

Desain Komunikasi Visual
UNDIKSHA
Play Creativity from Now

Logan diatas yang artinya bermain kreativitas dari sekarang bermaksud untuk segeralah memulai kreatifitasmu dari hal-hal kecil dan pada akhinya menjadi sebuah karya yang besar. karna kebanyakan para desainer awam takut untuk berkarya padahal dia belum memulainya, maka selogan yang di atas mudah-mudahan menjadi sebuah dorongan kepada para desainer untuk selalu berkarya.


1 komentar: