PROPOSAL KEGIATAN
I. Nama Kegiatan
HUT DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA YANG KE 2
II. Tema Kegiatan
Kreatifitas Tiada Batas
- Mengembangkan Kreatifitas Anak Bangsa melalui kegiatan yang kreatif di bidang Seni dan Tehnologi
- Jurusan Desain Komunikasi Visual dalam pengembangan Jurusan
- Pendidikan Kreatif dalam mensukseskan Industri Kreatif anak Bangsa
III. Latar blakang
Gambaran kekayaan Kreatifitas Bangsa Indonesia yang dapat dicermati dengan berbagai karya-karya anak Bangsa yang telah di akui oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat Luar negri adalah sebagai bukti bahwa Bangsa Indonesia mempunyai bakat yang terpendam, bakat-bakat anak bangsa tersebut secara umum masih belum di ketahui oleh banyak pihak. Industri Kreatif saat ini sudah mulai dihargai, salah satu contoh dengan dikembangkannya Industri kreatif di Indonesia, Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa ) atau juga Ekonomi Kreatif. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
Menurut buku Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025, definisi industri kreatif sering kali merujuk pada UK Department for Culture, Media, and Sport (DCMS) Task Force 1998, lembaga yang mengelola industri kreatif di Inggris. Departemen Perindustrian RI pun kemudian menggunakan definisi yang hampir serupa. Industri kreatif di Indonesia kemudian didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
Dari definisi tersebut, pemerintah kemudian membagi industri kreatif ke dalam 14 subsektor, yakni:
1. Periklanan: jasa periklanan, termasuk produksi material iklan, kampanye relasi publik, dll.
2. Arsitektur: berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, dll.
3. Pasar barang seni: perdagangan barang-barang asli, unik, dan langka lewat galeri, lelang, dll.
4. Kerajinan: berkaitan dengan kreasi produk dari tenaga pengrajin yang tidak diproduksi massal.
5. Desain: terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, dll.
6. Fashion: terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan aksesori mode lainnya.
7. Video, film, dan fotografi: produksi video, film, dan jasa fotografi, termasuk proses distribusi.
8. Permainan interaktif: kreasi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, edukasi, dll.
9. Musik: kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi rekaman suara.
10. Seni pertunjukan: konten produksi pertunjukan, misal opera, musik teater, drama, tarian, dll.
10. Seni pertunjukan: konten produksi pertunjukan, misal opera, musik teater, drama, tarian, dll.
11. Penerbitan dan percetakan: penulisan konten dan penerbitan buku, majalah, koran, jurnal, dll.
12. Layanan komputer dan piranti lunak: layanan komputer, olah data, piranti lunak, dll.
13. Televisi dan radio: kreasi konten acara, transmisi konten, station relay, dll.
14. Riset dan pengembangan: penemuan dan penerapan ilmu dan teknologi.
Dalam keterangan diatas dapat kita ambil kesimpulan Desain komunikasi Visual adalah salah
IV. Tujuan Kegiatan
1. Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kalangan siswa dan mahasiswa untuk memahami Kreatifitas yang tiada batas.
2. Sebagai wahana peningkatan kreatifitas anak bangsa di bidang Industri kreatif.
3. Sebagai perwujudan berpartisipasi dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia.
V. Sasaran
V. Sasaran
1. Siswa dan Mahasiswa di Bali Khususnya di Indonesia pada umumnya
2. Kreator Seni dan Tehnologi
3. Masyarakat Umum
VI. Waktu dan tempat pelaksanaan
23-25 April 2015 di Kampus Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha.
VII. Agenda Kegiatan
1. Upacara Pembukaan HUT Desain Komunikasi Visual UNDIKSHA
Waktu 23 April 2015
2. Lomba Kejuaraan di bidang Industri Kreatif
a. Lomba Fotografi se-Propinsi Bali
b. Lomba Film Pendek se-Buleleng
c. Lomba Desain Logo,Poster dan Karikatur tingkat Nasional
Deskripsi: Perlombaan ini dimasksudkan untuk meningkatkan potensi anak bangsa di bidang Kreatifitas, dan untuk mengembangkan bakat-bakat terpendam anak bangsa
3. Lomba mewarnai tingkat anak-anak
Deskripsi: kegiatan ini untuk mendekatkan anak-anak kepada Desain Kounikasi Visual, termasuk para orang tuanya. Mengajak anak-anak sejak dini untuk mengenal apa sih Desain Komunikasi Visual sebagai jurusan yang bergerak di bidang Industri Kreatif.
4. Peluncuran Majalah dan Film Desain Komunikasi Visual
Deskripsi: Sebagai Batu Loncatan Jurusan Desain Komunikasi Visual dalam mengembangkan Bakat Mahasiswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar